• gambar
  • gambar
  • 2
  • bru
  • tes
  • df
  • HUT RI ke 76

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MEMPAWAH. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MEMPAWAH

NPSN : 30112567

Jalan Bemban Desa Sejegi Kec.Mempawah Timur, Mempawah


info@man1mempawah.sch.id

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 68008
Pengunjung : 27254
Hari ini : 23
Hits hari ini : 49
Member Online : 0
IP : 44.192.247.184
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Program Jum’at Berbagi Ilmu, Oleh Waka Kurikulum: Adab siswa Terhadap Guru




HUMASMANSAMEMPAWAH Jum’at, 09/09/2022 dijadwalkan program madrasah Jum’at Berbagi Ilmu. Dikesempatan Jum’at Berbagi Ilmu kali ini, bertindak sebagai petugas Master of Ceremony, Pembacaan Asmaul Husnah dan Ayat suci Al Qur’an dari kelas XII IPA, dan sebagai pemateri dari Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Pariyanto, S.Pd. Kegiatan yang berlangsung di Aula MAN 1 Mempawah dilaksanakan dari pukul 06.45 hingga 07.15 dengan rangkaian acara pembukaan, pembacaan Asmaul Husnah secara bersama dipimpin oleh Khairul (Kelas XII IPA), dilanjutkan Pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Muktar (Kelas XII IPA), penyampaian materi oleh Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum Pariyanto, S.Pd dan diakhiri dengan do’a oleh Fathurrahman Dani (XII IPA) sebagai penutup.

Materi yang disampaikan oleh Pariyanto kali ini berbicara mengenai adab seorang siswa terhadap guru. Sebagaimana yang diketahui oleh semua bahwasannya kedudukan adap harus didahulukan dari pada ilmu, apalagi adab seorang siswa kepada gurunya. Sebagaimana yang disabdakan oleh rasulullah yang diriwayatkan oleh sahabat Abi Umamah, beliau berkata: Rasulullah Saw., bersabda: “Barang siapa mengajar satu ayat dari Kitabullah kepada seorang hamba, maka orang itu menjadi jujungan hamba tersebut, hamba tidak boleh merendahkan orang tersebut, dan tidak boleh mendahuluinya (harus memuliakannya)”.

Dalam penyampaiannya, Pariyanto juga menyampaikan ancaman ataupun akibat-akibat apabila seorang siswa tidak menjaga adabnya kepada seorang guru, salah satunya adalah akan hilang keberkahan ilmunya. Dalam hadist Rasulullah SAW menjelaskan mengenai konsekuensi yang akan diterima murid yang suul adab terhadap gurunya. Yang pertama seorang murid akan lupa terhadap ilmu yang pernah ia serap dan pelajari dari gurunya. Yang kedua sulit mengamalkan ilmu yang telah diserap dan dipelajari dari gurunya. Kemudian dampak suul adab terhadap guru yang ketiga adalah kelak murid akan menyesal dan merasa sangat membutuhkan gurunya. FF293



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas